Apa itu root android dan Kegunaannya

Root android adalah suatu proses yang dilakukan pada smartphone untuk mendapatkan hak akses tertinggi atau bisa disebut juga sebagai administrator pada komputer windows. Hal ini juga biasa disebut dengan istilah jailbreaking pada Apple iOS. Biasanya kalau kita membeli suatu hp atau smartphone android, kita hanya diberi hak akses sebagai user atau pengguna saja yang dimana kita hanya bisa mengakses folder atau file yang berada didalam folder user saja.

Kita bisa melihat sistem pembagian hak akses folder pada android pada gambar dibawah. Untuk folder yang berlatar belakang warna merah adalah folder yang hanya bisa diakses dan dimodifikasi apabila Smartphone android anda sudah di Root sedangkan untuk folder yang berwarna hijau bisa diakses semua pengguna. Lalu apa sebenarnya Fungsi, Kegunaan, dan Kerugian melakukan root pada hp android ? Yuk langsung saja kita bahas.

Sistem pembagian Folder Root android

Fungsi Dan Kegunaan Root Android

Fungsi utama melakukan root android adalah untuk mendapatkan hak akses administrator atau biasa juga disebut superuser pada android. Lalu apa kegunaan dari superuser ? Superuser berguna untuk memberikan otorarisasi atau izin untuk memasang atau membuka aplikasi yang membutuhkan akses pada folder root. Berikut adalah beberapa kegunaan root pada android :

  • Anda bisa memasang aplikasi diluar Google Playstore : Masih banyak sekali aplikasi-aplikasi bagus yang tidak ada di google playstore. Dan kebanyakan aplikasi tersebut hanya berjalan jika diberikan izin superuser.
  • Mengganti ROM bawaan : Dengan akses root anda bebas mengganti ROM bawaan smartphone anda dengan Costum ROM. Hal ini biasa dilakukan untuk mendapatkan Upgrade OS Android terbaru. Contohnya HP Samsung Galaxy S3 Mini hanya memiliki Upgrade OS sampai android Kitkat 4.1 saja. Kita dapat melakukan Flashing Costum ROM untuk mendapatkan OS terbaru.
  • Mengganti Tema Bawaan : Mungkin anda bosan dengan tema bawaan hp anda sekarang. Dengan akses root anda bisa mengganti tema hp anda dengan tema yang sudah dimodifikasi.
  • Melakukan Overclocking : Anda bisa meningkatkan kinerja prosesor smartphone anda dengan overclocking
  • Menghapus Aplikasi Bawaan : Terkadang ada aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus pada HP anda. Dengan akses root anda bisa menghapus semua aplikasi yang anda anggap tidak berguna.
  • Melakukan Backup Semua Data : Anda bisa mencadangkan semua data dan aplikasi yang ada di hp anda beserta informasinya. Jadi ketika anda melakukan reset ulang , Anda dapat mengembalikan semua data dan aplikasi dengan mudah.
[artikel number=3 tag=”root-android” ]

Bahaya dan Kerugian Root Android

Root pada android memang memiliki banyak kegunaan, tapi disamping itu melakukan root android juga memiliki bahaya dan kerugian pada smartphone anda. Berikut ini adalah beberapa bahaya dan kerugian melakukan root terhadap android anda :

  • Saat melakukan root pada Smartphone Android anda otomatis garansi akan hilang
  • Anda tidak lagi mendapatkan update OS dari Vendor
  • Dapat menyebabkan beberapa aplikasi bawaan tidak dapat digunakan
  • Kesalahan melakukan root dapat menyebabkan android anda tidak bisa digunakan
  • Sistem keamanan android anda berkurang

Bagaimana Cara Melakukan Root Andorid ?

Proses melakukan root pada setiap merk dan tipe hp itu berbeda-beda. Cara paling mudah untuk melakukan root android adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa anda download melalui playstore atau dari tempat lain.

Contoh aplikasi root android :

  • Framaroot
  • Vroot
  • KingRoot
  • Kingoroot
  • Iroot
  • Key Root Master

Selain menggunakan aplikasi root, anda juga bisa melakukan root pada android anda dengan komputer/laptop. Tapi dengan cara ini anda harus memiliki sedikit pengetahuan tentang komputer dan command prompt. Anda dapat mencari tools yang diperlukan untuk melakukan root android melalui Forum xda-developers. Silahkan cari tools dan tutorial rooting sesuai dengan tipe dan merk hp anda di forum tersebut.

Catatan : Melakukan root pada perangkat android memiliki resiko yang tinggi, sebaiknya jangan dilakukan jika memang tidak terlalu dibutuhkan

1 thought on “Apa itu root android dan Kegunaannya”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.