Gadget Smartphone Tutorial

Cara Cek HP Samsung Asli atau tiruan

cek hp Samsung asli atau tiruan

Mau beli hp samsung ? Jika anda ingin membeli smartphone samsung sebaiknya anda terlebih dahulu memeriksa keaslian dari hp yang ingin anda beli nantinya. Karena sekarang banyak sekali beredar hp samsung palsu, KW, atau replika. Apalagi jika anda membeli hp samsung bekas bisa saja barang yang anda beli itu tidak original. Agar anda dapat membedakan mana hp samsung asli dan mana yang palsu maka dari itu media tekno akan memberikan tips dan trik cara cek hp Samsung asli atau tiruan.

Membedakan antara Smartphone samsung original dengan yang palsu itu sebenarnya sangatlah mudah. Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan smartphone itu sendiri dengan tambahan koneksi internet atau bisa juga dengan nomor seri dan kode rahasia yang terdapat pada hp itu sendiri. Pada saat anda ingin membeli hp samsung sebelum anda meninggalkan tempat dimana anda membeli hp samsung baru atau bekas, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal berikut :

  • Nomor IMEI
  • Spesifikasi
  • Kamera
  • Letak dan bagian tombol
  • Kecerahan layar
  • Harga yang ditawarkan

Bagaimana cara melakukan pengecekan dengan point-point diatas silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Tips dan Cara Cek HP Samsung Asli atau tiruan

1. Cek keaslian HP Samsung dengan nomor IMEI

Hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan cek nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). Pastikan IMEI hp samsung yang anda beli terdaftar dan sesuai dengan tipe hp samsung yang anda beli. Bagaimana cara menemukan imei hp samsung ? Anda bisa melihat nomor imei hp yang anda beli melalui kotak hp tersebut , atau langsung dari hp melalui menu Setting > About Device > About Phone > Status > Imei Information  atau cukup menggunakan kode USSD tekan ” *#06# ” Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah !

imei hp
Imei Hp 2
imei 3

Untuk mengetahui apakah nomer imei hp anda terdaftar dan sesuai dengan tipe dan spesifikasi HP samsung yang anda beli silahkan kunjungi link berikut disini . Setelah itu masukkan nomer imei anda pada kolom yang tersedia dan klik “Check

Check imei

maka akan keluar data HP dengan nomor imei yang anda masukkan tadi.

2. Cek Spesifikasi HP Samsung yang anda beli

Periksa spesifikasi original hp samsung tersebut dan sesuaikan dengan hp yang anda beli. Karena biasanya HP samsung tiruan atau replika memiliki spesifikasi yang lebih rendah dan berbeda dengan produk yang asli. Pastikan anda memeriksa ukuran Memori internal, Kamera, dan RAM apakah sama dan sesuai dengan HP samsung asli yang dirilis oleh pihak vendornya. Anda bisa melihat spesifikasi HP anda dengan mudah menggunakan aplikasi ” Device Info HW ” bisa anda download langsung dari Google Playstore atau melalui link berikut : Download

Device Info HW

3. Cek HP Samsung Asli atau tiruan dengan ” Samsung Test Mode “

Anda juga bisa melakukan pengecekan menggunakan ” samsung test mode “. Dengan samsung test mode anda bisa mengetahui apakah fitur-fitur di hp anda berfungsi dengan baik atau tidak. Contohnya : Fungsi getaran, flash, warna, kecerahan layar, dll. Biasanya fitur ini tidak bisa dimunculkan pada hp samsung tiruan atau replika tetapi sekarang ada juga sebagian samsung palsu yang bisa menggunakan fitur ini. Untuk mengaktifkan samsung test mode silahkan ketikkan USSD kode berikut ” *#0*# “. Jika berhasil maka akan keluar menu seperti gambar berikut.Samsung test modeJika menu seperti gambar diatas tidak muncul setelah memasukkan kode USSD ” *#0*# ” maka dapat dipastikan hp tersebut adalah palsu atau HP Samsung yang ROM aslinya sudah dimodifikasi menggunakan Costum ROM.

4. Periksa Kamera

Perhatikan juga kamera pada hp samsung yang anda beli. Memang kalau dilihat dari luar sulit untuk memedakan mana yang asli dan palsu. Tapi anda dapat membedakannya dengan mengambil sebuah gambar dari kamera hp tersebut. Biasa Hp samsung yang asli bisa menangkap gambar dengan jernih dan tajam sedangkan pada hp tiruan atau replika gambar akan terlihat sedikit buram atau blur.

5. Periksa Desain HP

Perhatikan desain hp yang anda beli. Biasanya terdapat kejanggalan pada desain HP yang palsu, terutama pada letak tombol sering kali tidak rapi dan saat di tekan tombol hp itu sangat keras. Dan perhatikan juga letak logo samsung pada hp yang anda beli.

Samsung Original Vs Fake

Samsung asli Vs palsu

6. Bandingkan harga yang ditawarkan

Harga – harga hp yang ditawarkan di setiap daerah memang berbeda. Tapi setidaknya anda harus lebih bijak dalam membandingkan harga hp samsung yang akan anda beli nantinya. Sebelum membeli hp setidaknya anda perlu mencari informasi terlebih dahulu berapa kisaran harga HP yang akan anda beli. Contohnya jika harga baru sebuah samsung galaxy s8 seharga 8,5 Juta dan dijual seharga 2 juta saja, maka kemungkinan besar hp itu adalah palsu atau tiruan.

Catatan : Jangan pernah tergiur dengan harga-harga yang murah, pastikan dulu anda mengecek dengan teliti apakah hp tersebut asli atau barang tiruan

Nah itu dia tips dan trik yang bisa saya berikan untuk cara cek hp Samsung asli atau tiruan. Semoga dapat dijadikan panduan dalam membeli hp samsung baru atau bekas.

Tentang Penulis

Erdy Pranata

Jangan pernah meyerah pada impianmu , karena impianmu akan memberikan semangat dan tujuan hidup !!!

Tinggalkan Komentar