Berita Teknologi Tutorial

Payroll Sistem Indonesia Sebagai Software Pengelolaan Gaji

Pengelolaan gaji

Sistem pembayaran dan pengelolaan gaji terkadang menjadi tugas yang sangat sulit, terutama bagi karyawan HRD yang harus mengkalkulasikan seluruh keuangan internal. Terkadang terjadi ketidaksesuaian dalam pengelolaan keuangan tersebut, sehingga dibutuhkan satu departemen tersendiri untuk membantu perusahaan dalam mengelola gaji karyawan yang ada.

Namun sekarang ini mengakumulasikan besar gaji dan distribusinya kepada tiap-tiap karyawan tidaklah sesulit apa yang biasa dilakukan secara manual. Karena sistem komputasi dan software payroll telah memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengelolaan gaji dengan lebih efektif dan terstruktur. Payroll sistem Indonesia sebenarnya telah lama diaplikasikan pada perushaaan di Indonesia. Namun sistem ini hanya bisa ditemukan pada perusahaan besar dengan jumlah karyawan mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Banyak perusahaan yang beranggapan bahwa sistem ini membutuhkan biaya yang mahal, sehingga penggunaan cara manual lebih diutamakan. Namun sebenarnya tidak demikian, payroll sistem bisa dikatakan jauh lebih murah ketimbang penggunaan sumber daya manusia guna mengelola gaji secara manual. Salah satu software payroll yang dapat membantu sistem payroll perusahaan anda menjadi lebih baik adalah LinovHR.

Untuk penggaplikasian LinovHR, perusahaan hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil, karena LinovHR merupakan software HR dan payroll berbasis web. Tentu saja hal ini akan lebih efektif untuk perusahaan besar maupun kecil, karena satu program payroll sistem dapat mengeliminasi kebutuhan beberapa jabatandalam mengelola kuangan internal perusahaan.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Oleh Payroll Sistem?

Sebagaimana nama nya, payroll sistem pada dasarnya sering digunakan dalam mengakumulasikan jumlah gaji karyawan yang harus diberikan setiap bulannya. Namun demikian, program ini tidak hanya diformat untuk mengelola gaji tetap karyawan semata, namun juga dapat di setting agar mampu mengakumulasikan biaya transport, lembur, makan, dan biaya-biaya lainnya yang harus dibayarkan pada masing-masing karyawan.

Manfaat dari payroll system ini mungkin terkesan sederhana, namun demikian tugas dari program ini menjadi sangat krusial apabila diaplikasikan pada perusahaan dengan jumlah karyawan yang besar. Karena dengan menggaplikasikan program ini pada perusahaan anda , maka akan mampu membantu perusahaan dalam mengatur dan mengelola pengeluaran secara lebih efektif dan maksimal. LinovHR tidak hanya mampu didesign untuk membantu pihak HRD dalam mengakumulasikan gaji karyawan pada tiap bulannya. Namun program ini juga dapat mengelola bentuk keuangan lainnya seperti pajak, karena pajak merupakan biaya tetap yang wajib dibayarkan pada waktu jatuh tempo.

Seringkali pembayaran pajak dilakukan pihak HRD pada tiap bulannya, karenamasing-masing tipe pajak memiliki jatuh tempo yang bebeda-beda. Hal ini tentu akan mepersulit karyawan HRD dalam mengelola kauangan perusahaan, karena mereka tidak hanya harus menghitung berapa jumlah tunggakan dan waktu jatuh tempo, tetapi juga mengelola bentuk-bentuk biaya lainnya yang menjadi tanggungan perusahaan. Sehingga diperlukan payroll sistem Indonesia gunan membantu mereka dalam mengkalkulasikan jumlah pajak yang harus dibawarkan setiap
bulannya.

Bisa dikatakan bahwa payroll sistem Indonesia dapat membantu hampir separuh tanggungan tugas yang biasa dilakukan oleh lembaga keuangan perusahaan. Dengan menambahkan payroll sistem Indonesia pada departemen HRD, maka secara tidak lansung sistem ini akan membantu perusahaan untuk bekerja secara
lebih efektif. Perusahaan tidak lagi harus dihadapi dengan permasalahan yang berkaitan dengan ketidak sesuaian gaji, tunjangan, dan perhitungan PPh 21, karena hal tersebut telah dilakukan secara otomatis oleh payroll sistem.

Tentang Penulis

Erdy Pranata

Jangan pernah meyerah pada impianmu , karena impianmu akan memberikan semangat dan tujuan hidup !!!