Sponsored

Perjalanan Toyota Dyna Memenangkan Hati Masyarakat Indonesia

Truk toyota dyna

Toyota Dyna merupakan salah satu jenis truk yang diproduksi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Perusahaan ini berda di bawah naungan AUTO2000. Toyota Dyna menjadi salah satu model yang membuktikan eksistensi Toyota dalam memenuhi permintaan konsumen tanah air dalam menyediakan kendaraan pengangkut barang maupun jasa. Kekokohan truk ini terus dinikmati dari dulu hingga sekarang.

Awal Kisah Truk Toyota Dyna

Truk ini pertama kali diproduksi pada tahun 1975 dengan model Cab Over Engine (COE) namun lebih terkenal dengan sebutan Dyna BU. Kehadiran Dyna saat itu dirasa sangat tepat. Pasalnya, waktu itu Indonesia sedang menggencarkan pembangunan ekonomi yang termaktub dalam REPELITA II. Tak hanya itu, mobil-mobil komersiil ini juga dapat membantu menggerakkan perekonomian Indonesia yang baru saja keluar dari krisis politik pada tahun 1965-1966. Truk generasi pertama ini mengalami beberapa pembenahan hingga tahun 1982.

Setelah tiga tahun berselang, Toyota Dyna mengalami perubahan model yang sangat signifikan. Model yang ditawarkan waktu itu yaitu Dyna 6 dan 4 ban dengan kapasitas 115 PS. Dyna 6 ban difungsikan sebagai truk dengan kemampuan kerja ekstra berat dan mampu berada dalam kondisi medan yang ekstrem. Sementara itu, Dyna 4 ban difungsikan sebagai truk ringan yang lincah memiliki daya tahan memadai. Generasi ini sring kali disebut dengan Dyna Rio.

Toyota Dyna

Pada bulan Agustus 2002, Dyna melakukan perubahan besar-besaran disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kapasitas mesin pada generasi ini dinaikkan hingga menjadi 4.099 cc. Tak hanya itu variasi yang ditawarkan pun mulai beragam, diantaranya 115 ST 4 ban, serta empat varian 6 ban.

Menginjak awal tahun 2007 tepatnya di bulan Februari, Dyna kembali menawarkan empat varian terbarunya yaitu 130 HT, 110 ET, 130 LT, dan 110 ST. Keempat varian ini tampil lebih segar dengan sisi bumper, gril, emblem, belt line, serta dilengkapi dengan jok model reclining. Tak hanya itu, truk ini juga sudah dilengkapi dengan tenaga yang lebih besar serta turbo intercooler. Keempat mesin ini sudah mendapatkan izin EURO2 sehingga dijamin lebih ramah lingkungan.

Dyna versi ini dirancang atas saran dari PT TAM dan ekslusif hanya beredar di Indonesia. Versi ini memiliki perbedaan bentuk dan dimensi jika dibandingkan dengan Dyna di negara-negara lain. Versi Dyna Indonesia sangat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen akan kondisi jalan dan karakter pengemudi Indonesia yang unik.

Pada tahun 2009, Toyota Dyna kembali melakukan perubahan yang lagi-lagi disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Pada tahun ini Dyna kembali menawarkan lima versi terbaru dari 6 ban yaitu 130 PS XT, 110 PS FT, 130 PS HT, 110 PS ET, serta satu varian baru Dyna Buss Chassis. Sementara itu, dari versi Dyna 4 ban mengeluarkan 110 PS ST dan 110 PS ST Bus Chassis. Untuk lebih detail spesifikasi dan harganya bisa dilihat di https://auto2000.co.id/cars_list/toyota-dyna/.

Tentang Penulis

Erdy Pranata

Jangan pernah meyerah pada impianmu , karena impianmu akan memberikan semangat dan tujuan hidup !!!